Jumat, 02 Maret 2012

Mengapa ,Mencemaskan Masa Depan ..? (Karakter Disiplin )


Kami tinggikan derajat orang yang Kami kehendaki .Dan ,disetiap orang yang berilmu pengetahuan masih ada Dzat Yang Maha Mengetahui. QS Yunus 76   



Seorang remaja memiliki beragam kecemasan mulai dari kecemasan dengan dirinya sendiri,sekolah,lingkungan dan masa depan.Karena itu kamu sebagai remaja perlu mengenali penyebab  kecemasan itu.Mulai dengan keberanian meletakan pertanyaan dan merefleksikan kembali apa yang menjadi penyebab kecemasan itu adalah kunci dari melepaskan diri dari kegalauan..Hapuslah kecemasan ketakutan yang belum terjadi.Dengan memahami .dan  mengurai serta mencari solusi atas permasalahan yang sedang menimpa kamu.




1.       Kenali ragam kecemasan tentang masa depan.

Wajar bagi remaja kebingungan untuk merancang masa depan lantaran keterbatsan informasi,kompetensi serta peluang yang bisa dimiliki.Sehingga tidak jarang  remaja menjadi cemas dan frustrasi lantaran tidak dapat menjawab apa yang terjadi dimasa depan.

TIP

Akui lah frustrasi itu kamu ,namun jangan terlalu  terjebak frustrasi yang lebih dalam sehingga depresi.Selanjutnya tentukan dead  line  kamu mengakhiri rasa frustrasi tadi . Mulai mengkalkulasi konsekuensi pilihan langkah perubahan yang berarti pada masa depan.


2.       Kenali sesuatu yang membuat kamu takjub pada masa depan

Kemampuan kamu mengimajinasikan sukses dimasa depan akan membuat lebih mudah dalam  merancang –melangkah-mewujudkan impian. Sampai suatu saat mengatakan sesungguhnya  apa yang kamu raih saat ini tidak terduga sebelumnya.



Tip

Bangun terus kesenangan belajar pengetahuan dan mengasah ketrampilan karena sustu kamu akan takjub terhadap kompetensi yang kamu punya dan prestasi yang kamu raih.


3.       Pikirkan bagaimana kamu meraih cita citamu


Banyak orang memiliki konsep ideal atau cita cita yang tinggi namun sangat lemah dalam keberanian mewujudkanya,sehingga cita citanya hanya diangan angan saja.Jika dibiarkan kamu hanya menjadi mahluk yang suka mimpi tanpa berusaha.Akibatnya kamu akan tertinggal jauh dari temanmu yang memulai dari hal yang sederhana sampai yang runit.


TIP :

Milikilah cita cita setinggi langit tapi berupayalah bersungguh sungguh untuk mewujudkannya karena banyak orang yang sukses karena kesungguhannya berjuang mewujudkan cita citanya.



4.       Pikirkan bagaimana caranya kamu mewarnai sejarah hidupmu

Kehidupan yang kamu jalani adalah bagian dari warna sejarah hidupmu. Kamu sedang menuliskan sejarah hidupmu. Akan kamu tulis dengan kehidupan kelam yang penuh derita dan cerita yang memalukan atau akan kau ukir sejarah hidupmu dengan prestasi yang membanggakan semua terserah kamu.Karena sejarah hiduomu akan diketahui banyak orang dan terpatri dalam hati dan pikiranmu


TIP;

Setiap perbuatan yang kamu lakukan adalah coretan sejarah hidupmu. Warnai sejarahmu sendiri dengan tidak melanggar norma yang ada berjuanglah meraih prestasi sekecil apapun prestasi itu. Dan berkaryalah,karena kamu kelak akan dikenang karena karyamu.



5.       Berbedalah dalam perilaku jangan ikuti trend yang tidak jelas arahnya

Jika kamu ingin dikenali banyak orang milikilah keunikan diri agar orang bisa mengenalimu lebih dalam. Keunikan itu bisa dari pengetahuan yang kamu miliki ,ketrampilan yang kamu bisa dan sikap mental yang mempesona. Dengan kamu dikenal karena keunikanmu itu maka akan makin mudah bagi orang lain memberikan kepercayaan saat mereka membutuhkan.


Tips :

Kenalilah bidang minat yang kamu sukai dan kuasailah dengan menguasai apa yang kamu sukai kamu akan menjadi ahli dengan kamu menjadi ahli kamu akan dikenali.


6.        Bacalah sejarah pengalaman sukses  dan gagal para tokoh

Menambah luas pengetahuan dan ketrampilan hidup dalam berperilaku tidak harus menunggu mengalami sendiri tapi bisa belajar dari pengalaman orang lain. Dengan belajar dari pengalaman orang lain kamu bisa mengenali alasan alasan keberhasilan,upaya yang dilakukan dan tindakan yang seharusnya kamu hindari.Sekaligus akan menambah semangat juang mu meraih sukses lantaran kamu meyakini bahwa sudah ada orang yang berhasil membuktikan nya

Tips;

Banyaklah membaca,mendengar berbagi inforasi yang dapat memberikan informasi dan wawasan kehidupan bagimu. Sehingga kamu akan semakin bijaksana.
7.       Miliki Keberanian berubah


Perubahan adalah cara paling efektif untuk meningkatkan taraf kehidupanmu. Jangan terpaku dan terjerat pada zona nyaman mu ,apalagi itu yang bernama kemalasan. Segera tentukan apa yang ingin kamu raih selanjutnya segeralah melangkah untuk melakukan perubahan.

Tips

Miliki niat untuk berubah kearah yang lebih baik dan kemajuan hidup selanjutnya segera laksanakan. Jangan bimbang dan ragu karena tantangan perubahan adalah mengalah kan keraguan.



Jika 7 kebiasaan ini kamu kembangkan maka akan terbentuk Karakter Disiplin. Disiplin timbul dari diri sendiiri  berdasarkan  kerelaan,kesadaran  bukan paksaan..Dengan disiplin akan mempermudah dirimu meraih kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar